Jurnal, Senjata Ampuh Melawan Broker Curang

TF Surabaya Artikel 0 Comments

MetaTrader menyediakan fitur jurnal yang menjadi “kotak hitam” untuk mencatat aktivitas-aktivitas trader di platform MetaTrader

Kita tidak mengetahui secara pasti apa kita sedang dicurangi atau tidak oleh broker. Stop loss atau order kita — mungkin saja, sudah dimanipulasi. Pun, broker bisa mencurangi kita dengan membuat order kita terlalu lama dieksekusi. Tentunya, hal semacam ini merugikan kita sebagai trader. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui kegunaan jurnal pada MetaTrader karena bisa menjadi alat bukti (jika ada) kecurangan broker.

Seperti yang diketahui bahwa forex trading — di era internet, dilakukan melalui platform online trading. MetaTrader adalah platform yang paling umum digunakan. Hal ini tidak terlepas dari kemudahan bertransaksi bagi trader.

Meskipun begitu — ternyata, platform trading ini tidak menjamin keamanan penuh bagi trader terbebas dari praktik curang oleh broker. Namun, MetaTrader menyediakan fitur jurnal yang menjadi “kotak hitam” untuk mencatat aktivitas-aktivitas trader di platform ini. Bisa dibilang, fitur ini merupakan jaminan investasi aman bagi kita.

Di MetaTrader ada 2 jenis jurnal yang disediakan, yaitu:

  1. Jurnal klien, adalah jurnal yang bisa dilihat oleh kita sebagai trader melalui platform MetaTrader dan tersimpan di komputer kita masing-masing.
  2. Jurnal server, adalah jurnal yang hanya bisa diakses oleh broker atau pihak lain yang memiliki akses ke server trading dan hanya bisa dilihat melalui platform bernama MetaTrader Manager.

Kedua jenis jurnal di atas memuat data yang hampir sama. Pada jurnal klien, trader bisa melihat di tab “Journal” pada panel “Terminal” MetaTrader. Jurnal klien akan menampilkan 2 kolom, yaitu:

  1. Time, merupakan catatan tanggal dan waktu atas kejadian tertentu (event) di MetaTrader. Misal, pada tanggal dan waktu tertentu telah terjadi error.
  2. Message, merupakan deskripsi dari kejadian tertentu. Misal, “ping failed” yang berarti MetaTrader yang digunakan gagal terhubung ke server/account trading.

Journal Client

Journal Server

Sedangkan, pada jurnal server akan memuat 1 kolom tambahan yaitu IP (Internet Protocol). Pada kolom tersebut akan menampilkan Alamat IP yang mengakses account trading. Misal, Anda melakukan order “Buy Limit” menggunakan komputer di rumah, maka Alamat IP komputer tersebut akan tecatat dan tersimpan di server.

Jika suatu saat dibutuhkan sebagai bukti untuk menyelesaikan sengketa yang terjadi, maka jurnal akan sangat berguna. Jurnal bisa membuktikan aktivitas apa saja yang terjadi pada account kita. Baik oleh kita sendiri atau oleh broker.

Jurnal server tidak bisa dimanipulasi oleh siapapun karena sistem tersebut merupakan ketetapan dari MetaQuotes Software Corp. — Perusahaan yang menciptakan MetaTrader. Hal ini untuk memastikan kecurangan (jika ada) oleh broker dapat dibuktikan.

Trader tidak mungkin bisa mengakses jurnal server karena hanya broker dan pihak tertentu yang memiliki hak akses. Oleh karena itu, Traders Family memastikan partner broker memberikan kami akses pada jurnal server untuk menjamin keamanan dari kecurangan broker.


*Struktur platform MetaTrader 4 — sumber: web resmi MetaTrader 4

Dengan Jurnal, Trading Aman Tanpa Penipuan Apalagi Kecurangan

Dari rekaman aktivitas journal server kita bisa menyimpulkan banyak yang bertujuan untuk memastikan kita bisa trading dengan aman dan nyaman seperti:

  1. Broker yang kita pilih menggunakan dealing desk atau tidak.
  2. Kecepatan eksekusi dari client ke broker kemudian kembali lagi ke client.
  3. Siapa yang telah melakukan aktivitas terhadap account kita (edit atau delete aktivitas).
  4. Mengetahui actual price market pada saat kita melakukan transaksi.

Cara Menggunakan dan Membaca Jurnal

Kami berikan contoh kasus pada journal client yang akan menjawab kegunaan dan pentingnya sebuah journal server.


Contoh order (market sell) yang tercatat

Dari contoh jurnal server di atas, kita bisa mengetahui bahwa account trading nomor “110…81” order market sell AUDJPY sejumlah 0,3 lot pada 28 Juni 2017 pukul 03:58:03.997 dari Alamat IP “202….25”. Order tersebut dieksekusi pada waktu yang sama di harga 85.39500 dan dicatat sebagai order nomor “3296599”.

Pada 28 Juni 2017 pukul 04:03:06.638, order tersebut memerintahkan close di harga 85.36900 dan perintah close tersebut dieksekusi pada 28 Juni 2017 pukul 04:03:06.825. Dengan kata lain, order close dieksekusi dengan cepat dan pada harga yang aktual.

Dari alur transaksi yang ditampilkan oleh jurnal server menjelaskan bahwa:

  1. Dalam 1 action ada 2 baris journal. Baris pertama adalah order yang di-request. Sedangkan, baris kedua adalah order yang dieksekusi.
  2. Transaksi tidak di-hold oleh broker karena order dieksekusi dengan sangat cepat.

    Pada gambar di atas, order dibuka tanpa jeda waktu.

    Pada gambar di atas, order ditutup dengan jeda waktu 187 milidetik.

  3. Order kita dieksekusi pada harga aktual. Maksudnya adalah order di-request dan dieksekusi pada harga yang sama. Jika ada perbedaan harga, kita perlu mempertanyakannya kepada broker.

    Pada gambar di atas menunjukkan bahwa harga bid/ask = 85.39500/85.41200. Maka, order sell tersebut dieksekusi pada harga bid. Saat kita menutup order sell harga yang digunakan adalah harga ask (seperti pada gambar di bawah ini).

  4. Pada baris terakhir jurnal server di atas, account tersebut login lagi. Namun, diakses dari alamat IP yang berbeda, yaitu “202….6”.

    Kita perlu memastikan bahwa Alamat IP tersebut merupakan Alamat IP yang kita miliki. Jika Alamat IP bukan berasal dari kita — bisa jadi, kita dicurangi. Tentunya, jika situasinya merugikan kita. Misal, saat order dimanipulasi dari Alamat IP selain milik kita.

Demi menciptakan tempat trading yang aman dan nyaman, kami memberlakukan persyaratan utama dengan meminta akses metamanager kepada Broker yang ingin bekerjasama dengan PT Traders Family International.

Jika ada indikasi kecurangan broker, maka Traders Family akan mengakses journal server dan melakukan investigasi. Bila broker terbukti curang, Anda sebagai klien, bisa mendapatkan jaminan keamanan melalui program “Traders Family Client Protection”.

Atau bila Anda meragukan broker yang Anda gunakan sekarang, segera minta journal server pada account Anda dari Broker yang Anda gunakan. Kami akan bantu menjelaskan tentang apa yang terjadi pada account Anda. Gratis.

Bukan hal yang tidak mungkin broker berbuat curang kepada Anda. Jangan hanya karena broker bisa memberikan spread rendah dan komisi murah Anda mengorbankan pentingnya sebuah keamanan dan kenyamanan dalam trading. Pastikan diri Anda sudah terlindungi dalam berinvestasi.


Dapatkan update artikel terbaru dari kami ke email Anda,
setiap minggunya dengan mengisi form di bawah ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *